Tugas Dasar-dasar Perancangan Perangkat Lunak

Tugas 1 : Dasar-dasar Perancangan Perangkat Lunak

1. Jelaskan dengan dasar-dasar perancangan perangkat lunak!
Jawab : 
a. Abstraction ( Wasserman )
Pada rancangan secara modular, beberapa tingkatan abstraksi dapat diperoleh, sehingga perancang dapat mengkonsentrasikan pada setiap tingkatan abstraksi yang lebih terinci. Pada level paling tinggi, solusi dinyatakan secara global dengan bahasa pada lingkungan masalah. Dan pada abstraksi paling bawah, solusi dinyatakan dalam bahasa yang dapat langsung diimplementasikan

b. Modularity & Softwarw & Arthitecture
Perangkat lunak dibagi atas beberapa modul. Sebuah modul dapat dibagi lagi atas beberapa sub-modul. Modul memiliki nama yang unik. Sebuah modul dapat memanggil modul lainya.

c. Hirarki Kontrol
Menunjukkan organisasi dari modul-modul program dan menunjukan hirarki kontrolnya. Tidak merepresentasikan aspek prosedural dari perangkat lunak seperti urutan proses, keputusan, atau perulangan. Kedalaman dan lebar menunjukkan jumlah tingkatan kontrol dan seluruh cakupan kontrol. Fan-out menunjukkan jumlah modul yang secara langsung dikontrol oleh modul lain. Fan-in menunjukkan jumlah modul yang mengontrol modul yang bersangkutan. Modul yang mengontrol modul yang lain disebut superordinate. Modul yang dikontrol modul yang lain disebut subordinate.

d. Fan Out
Fan-out dari sebuah modul adalah banyaknya subordinate langsung dari modul tersebut. Perluasan kontrol dari sebuah modul sebaiknya tidak melebihi 7 + 2 ( kecuali pada pusat-pusat transaksi ). Hindarkan Fan-out yang bersifat main-line (satu boss, dengan modul-modul lain sebagai subordinate ). Sebuah modul dengan Fan-out yang banyak biasanya sukar dipelihara. Untuk memecahkan fan-out yang banyak gunakan modul-modul antara

e. Fan In
Fan-in dari modul adalah banyaknya modul lain yang menggunakan/memanggil modul tersebut. Jika mungkin Fan-in harus dilakukan sebanyak-banyaknya. Fan-in yang banyak menghindari pengulangan pembuatan modul yang sama atau serupa. Fan-in yang banyak mempermudah pemeliharaan karena menempatkan suatu fungsi yang sama dalam satu modul.

f. Struktur Data
Refresentasi lojikal dari hubungan antara elemen-elemen data.

g. Prosedur Perangkat Lunak
Struktur program hanya mendefinisikan hirarki kontrol tanpa memperhatikan urutan proses. Prosedur perangkat lunak berfokus pada rincian proses dari setiap modul. 

h. Information Hiding
Prinsip dasar dalam pembentukan modul dimana hanya data yang benar-benar perlu, yang dikenalkan dan dapat diakses oleh sebuah modul.

2. Kegiatan apa saja yang dilakukan pada tahap perancangan perangkat lunak!
Jawab : 
a. Analisis
Teknik pemecahan masalah dengan menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponen bertujuan untuk menganalisa seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan mereka.

b. Design
Tahapan atau aktivitas yang berfokus pada spesifikasi detail dari solusi berbasis komputer. Desain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implimentasi dari sebuah perangkat lunak.

c. Coding
Tahapan menerjemahkan hasil desain ke dalam kode bahasa pemrograman tertentu agar hasil desain dapat dimengerti oleh komputer.

d. Pengujian
Tahapan pengujian merupakan perangkat lunak yang berhasil dibangun akan diuji kemampuannya oleh pengguna ataupun oleh orang-orang yang memahami perangkat lunak berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan

e. Pemeliharaan
Perangkat lunak yang telah diangggap layak untuk dipublis, selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Perawatan dan pemeliharaan melakukan upgrade dan meningkatkan kualitas perangkat lunak baik dari segi fitur ataupun mengikuti perkembangan teknologi.

3. Apa tujuan dari prosedur perangkat lunak? Jelaskan!
Jawab : 
a. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
b. Menghasilkan perangkat lunak yang memiliki cara kerja yang cepat dan tinggi, andal serta tepat waktu. c. Memproduksi perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.

0 comments:

Post a Comment